Home > Integrated Digital > 10 Strategi Digital Marketing

10 Strategi Digital Marketing

Pengguna Internet yang mencapai 31 juta (untuk Indonesia – di tahun 2010) adalah angka yang terlalu besar untuk diabaikan. Berikut beberapa tips tentang strategi digital marketing yang mudah diaplikasikan (diadopsi dari tulisan Laura Lake – Top 10 Internet Marketing Strategy :

  1. Mulai dari rencana promosi dan strategi desain web yang efektif. Efektif berarti membuat desain yang sesuai, dengan informasi yang bernilai tinggi bagi pengunjung.
  2. Usahakan untuk dapat muncul di ranking 10 besar dalam pencarian di mesin pencari (Google/Yahoo), lewat teknik SEO (Search Engine Optimisation).
  3. Belajar menggunakan email marketing secara efektif.
    Digita memiliki banyak artikel tentang email marketing. Pastikan Anda ikuti untuk memperoleh gambaran bagaimana melakukan email marketing secara efektif.
  4. Dominasi marketing niche Anda lewat afiliasi, reseller dan program associate.
    Ini berarti bekerja sama dengan  pihak ketiga yang tertarik terhadap produk Anda, dan memberikan komisi terhadap setiap orang yang mereka referensikan.
  5. Konsultasikan dengan digital agency yang terpercaya. Mintalah analisa strategi digital marketing terhadap kanal-kanal marketing yang Anda gunakan.
  6. Bangun milis yang sesuai topik.
    Meskipun milis sudah agak tergeser dengan media sosial, namun fakta bahwa email merupakan layana yang paling banyak digunakan di Internet, membuat milis tetap relevan. Rawat milis Anda agar tetap responsif dan update.
  7. Publikasikan artikel atau paling tidak terdaftar dalam media berita (baik online maupun offline).
  8. Tulis dan publikasikan press release online.
    Ada banuak situs press release online yang dapat menampilkan profil situs Anda secara gratis. Kalaupun berbayar tidak terlalu mahal dibandingkan dengan press release secara konvensional.
  9. Fasilitasi dan jalankan kontes berhadiah via website.
    Hadiah tidak perlu fantastis untuk menarik pengunjung. Cukup sediakan hadiah kecil yang bermanfaat bagi target pelanggan Anda. Yang penting bisa dilakukan secara rutin, dan ditunggu. Sehingga menjadi faktor penarik pelanggan Anda untuk kembali.
  10. Tulis blog dan berinteraksilah dengan pengunjung Anda.
    Blog adalah sarana terbaik untuk komunikasi yang lebih komprehensif dari bagian strategi digital marketing.
  11. Manakah dari langkah tersebut yang belum Anda jalankan?
(gambar: three motion)

Leave a Reply