Home > Email Marketing > 5 Subyek Email Efektif dengan Open Rate Tertinggi

5 Subyek Email Efektif dengan Open Rate Tertinggi

judul email efektif

Dari sekian banyak email yang Anda baca, email mana saja dari pengirim yang tidak dikenal yang Anda buka? Secara reflek kita akan menekan tombol delete, hanya dengan membaca sekilas judul emailnya (pengirim biasanya diabaikan). Daftar berikut berkutat seputar copywriting. Judul seperti apa yang menarik perhatian?

1. Subyek berisi “Alasan Kenapa”

Orang cenderung ingin tahu alasan kenapa sesuatu itu dilakukan. Apalagi jika sesuatu itu bersentuhan dengan hidup mereka sehari-hari. Baik alasan secara khusus maupun alasan dengan angka, keduanya memiliki respon yang baik.

Contoh:

  1. Kenapa makan buah sebelum makan lebih baik daripada sesudahnya?
  2. 5 alasan Jokowi tidak mengetahui apa yang ditandatanganinya

2. Berisi Benefit/Keuntungan

Dalam banyak bidang, pembaca mungkin sudah mengetahui keuntungan sesuatu. Namun subyek email Anda yang berisi benefit, akan mengafirmasi pengetahuan mereka, sehingga menjadi lebih yakin. Dan cenderung hal ini menjadi stimulan besar dalam meng-klik email yang berisi benefit.

Contoh:

  1. Penghasilan 5 juta per bulan tanpa harus keluar kantor
  2. Belajar saham 1 hari langsung trade
  3. Satu upaya kecil untuk meningkatkan kunjungan ke website Anda

3. Berisi Pertanyaan

Pertanyaan adalah salah satu penarik perhatian yang baik, karena setiap pembaca yang melihatnya secara selintas, segera akan mencari jawabannya, meskipun dalam hati.

Contoh:

  1. Cape setiap hari waktu habis di jalan dan penghasilan pas-pasan?
  2. Apakah konsumsi buah dapat menurunkan berat badan secara drastis?
  3. Mampukah Jokowi bertahan dalam pemerintahannya selama 5 tahun?

4. Testimoni Pengguna Lain

Testimonial sangat membantu pembaca dalam mengambil keputusan. Masih ingat istilah getok-tular, di mana seseorang yang ingin mencoba sesuatu mereka perlu bukti dulu orang lain sudah menggunakannya. Apalagi jika yang mencoba seorang figur publik. Meskipun lazim digunakan dalam body email, penggunaan testimoni dalam subyek terbukti efektif memancing pembaca untuk mencari tahu lebih lanjut.

Contoh:

  1. Rio Haryanto mantap pakai oli Top One
  2. Mayoritas penduduk jawa tengah menggunakan Honda untuk kegiatan sehari-hari

5. Bagaimana cara mengerjakan sesuatu

Meskipun cara kerja merupakan bagian dari benefit, tapi petunjuk dalam menyelesaikan sebuah masalah masih menarik perhatian pembaca. Anda bisa menggabungkan ‘bagaimana cara’ dengan sebuah ‘benefit’

Contoh

  1. Bagaimana cara memulai usaha tanpa modal?
  2. Bagaimana dengan uang 10 juta bisa keliling Indonesia?
  3. Bagaimana menambah penghasilan tanpa keluar rumah?

Pada dasarnya, setiap subyek email di atas memang perlu pengetesan. Dari 5 besar di atas, mana yang paling efektif untuk pelanggan Anda. Pastikan tidak hanya A/B testing yang Anda lakukan, tapi A-Z testing, untuk menguji banyak kemungkinan email mana saja yang memiliki open rate tinggi.

 

Leave a Reply