Home > Case Studies > Studi Kasus: Marketing di Facebook Peroleh ROI 450%

Studi Kasus: Marketing di Facebook Peroleh ROI 450%

grafity-defyer-digital-marketing
Sebagai pembuat sepatu kesehatan, Gravity Defyer menawarkan teknologi alas kaki canggih dipatenkan di setiap produk yang dijual. Misinya adalah untuk membantu setiap orang mencapai tingkat kinerja baru, melindungi tubuh mereka dan hidup bebas rasa sakit. Dalam studi kasus kali ini, kami ingin menampilkan bagaimana Gravity Defyer melakukan marketing di Facebook dan memperoleh ROI 450%.

Pelanggan

Target Gravity Defeyer awalnya adalah orang dewasa 45 sampai lebih dari 50, namun tim pemasaran diberi target yang lebih luas. Tim mengerti betapa pentingnya kesehatan kaki untuk seseorang secara keseluruhan kesejahteraan dan berusaha untuk mengajarkan pelangganya seputar pencegahan masalah kesehatan yang datang  20 sampai 40 tahun ke depan karena aktivitas fisik yang buruk.

Bagi pelanggan yang lebih dewasa (senior), perusahaan bertujuan untuk membantu dalam mengurangi ketidaknyamanan dan rasa sakit dan untuk membantu mereka menemukan sepatu yang lebih nyaman yang cocok kegiatan sehari-hari mereka.

Tantangan

Dengan tujuan untuk menargetkan audiens yang lebih luas, tim pemasaran di Gravity Defyer beralih ke media sosial untuk mendapatkan brand awareness lebih. Tim ini menilai Facebook merupakan saluran yang efektif untuk fokus pada identitas merek, layanan pelanggan dan menargetkan pelanggan untuk pemasaran. Mereka ingin menggunakan Facebook untuk secara langsung berbicara dengan pelanggan dan memastikan setiap layanan pelanggan yang ditangani melalui kanal tersebut.

Sebagai langkah konkritnya, Tim Gravity Defyer memanfaatkan promoted post untuk menjangkau lebih banyak orang dengan tujuan akhir untuk menaikkan pendapatan. Langkah itu dimulai sejak 2013 meskipun mereka sudah hadir di Facebook semenjak 2012.

Kampanye Marketing di Facebook

Light dan Sarah Olea, Public Relations Manager Gravity Defyer, menjelaskan, mereka memanfaatkan direct response marketing (pemasaran respons langsung) untuk sebagian besar aktivitas bisnisnya. Namun, tim juga ingin menggunakan metode respon langsung yang sama untuk menambahkan iklan dan pemasaran ke akun Facebook. Tujuannya adalah untuk memulai kehadiran di Facebook, menargetkan basis pelanggan saat ini dan mulai memperluas demografi dengan menjangkau khalayak yang lebih muda juga.

Langkah # 1. Membuat iklan Facebook

Light membuat iklan di Facebook dengan bantuan departemen kreatif internal. Iklan ini ditujukan ke khalayak yang sesuai dengan target yang telah mereka buat sebelumnya. Jika berkinerja baik, mereka teruskan. Dan jika buruk, akan mereka turunkan dan ganti baru. 

Iklan tersebut biasanya berisi gambar sepatu dengan informasi latar belakang seputar teknologi yang mendasarinya.  Light dan Olea mengecek kinerjanya tiap hari, mana iklan yang memilik jangkuan terbaik, dan tentu saja dibandingkan dengan kompetitornya. 

Untuk mendukung iklan, mereka melibatkan kegiatan lain yang berhubungan. Misalnya partisipasi pada jalan santai diabetes, dan hasilnya diposting di iklan maupun halaman Facebook milik perusahaan. Dalam satu kali tema kampanye mereka lakukan tiap minggu, sehingga berganti empat kali dalam sebulan. 

Iklan bertarget (Targeted Ad)

Untuk lebih spesifik dalam menuju target Gravity Defyer, mereka memanfaatkan Targeted Ad yang ada di Facebook. Fitur ini mengambil demografi saat orang menyukai halaman Facebook Gravity Defyer, dan mencari pengguna lain dengan karakteristik sama. Karakteristik ini mencakup usia, pendapatan rumah tangga, status perkawinan dan lokasi geografis. 

Langkah # 2. Mengembangkan konten organik

Konten organik merupakan salah satu konten terkuat di Facebook untuk menjalin engagement. Mereka berusaha membuat konten visual menarik, dan tematik. Tema-tema ini dibuat sesuai dengan kalender  PR dan kegiatan yang ada dalam peruahaan. Misalnya partisipasi dalam American Diabetes Walk, mereka mengundang khalayaknya untuk ikut berpartisipasi dan menyumbang dalam acara tersebut bersama tim mereka. 

Mereka juga memanfaatkan Bulan Kesadaran Diabetes di bulan November, dengan menyerahkan sepasang sepatu untuk para penderita. Dan terakhir, Light melibatkan blogger dalam program afiliasi dengan memberikan hadiah sepasang sepatu jika para blogger tersebut menuliskan review terhadap produk Gravity Defyer. 

Lihat Contoh Kreatif

Pada saat memilih blogger, Light memilih kategori blogger dengan tulisan-tulisan seputar gaya hidup dan kesehatan. Sepatu mereka seharga $150 – $300, relatif mahal, sehingga mereka memastikan bahwa blogger yang menerima sepatu tersebut memang memiliki pengaruh terhadap khalayaknya. Terhadap hal ini, mereka lebih memilih blogger dengan 500 pengikut namun loyal dengan blog yang ditulis dengan baik daripada pengikut 10.000 namun tidak memiliki konten terkait. Konteks sangat penting.

Langkah # 3. Tes posting untuk evaluasi efektivitas

A/B tersting adalah metode yang digunakan untuk mengukur efektifitas iklan. Mereka menggunakan gambar yang sama dengan keterangan yang berbeda. Dan untuk iklan dengan hasil terbaik, mereka akan mengembangkan lagi beranjak dari situ. Mereka juga menemukan bahwa konten dengan tanda seru dan emoticon lebih diterima oleh pelanggan, sehingga mereka alokasi dana lebih untuk jenis-jenis konten seperti ini.

Lihat Contoh Kreatif

Langkah # 4. Gunakan Facebook untuk layanan pelanggan

Sifat dua arah yang intensif di Facebook, dimanfaatkan Gravity Defyer sebagai layanan pelanggan. Banyak pertanyaan tentang produk yang diarahkan ke website e-commerce yang menyediakan barang yang mereka tanyakan. Jadi meskipun terjadi engagement, fungsi penjualan tetap mereka jalankan. Tentu saja sebelum dimulai, Light telah dibekali dengan ketrampilan menjawab keluhan, dan pengetahuan produk. Berfungsi Facebook sebagai saluran layanan pelanggan di mana penggemar Gravity Defyer sering posting pertanyaan tentang produk. Yang paling penting adalah, setiap pertanyaan harus terlacak, dan dijawab secepat mungkin.

Langkah # 5. Mencapai keselarasan internal

Dalam lebih baik memanfaatkan Facebook untuk layanan pelanggan, tim pemasaran berusaha untuk mencapai komunikasi yang efektif dengan departemen layanan pelanggan.

“Kadang-kadang bahkan Customer Service dapat mengetahui apakah [posting] bekerja sebelum kita meninjau laporan tersebut, karena mereka akan menelepon dan berkata, ‘Hei, banyak orang yang menyebut tentang posting ini atau tentang iklan ini,'” kata Olea .

Layanan pelanggan juga menerima pemberitahuan dari pelanggan jika kode kupon khusus disajikan dalam iklan atau email tidak bekerja dengan benar.

Dalam bersikap proaktif tentang prepping layanan pelanggan untuk panggilan, Light atau Olea akan memantau posting yang baik-baik di Facebook dan membiarkan perwakilan layanan pelanggan tahu di depan waktu mereka mungkin menerima panggilan pada orang-orang posting sehingga mereka sepenuhnya menyadari apa yang memerlukan promosi itu.

“Beberapa promosi kita jalankan di Facebook mungkin eksklusif untuk media sosial, dan sehingga beberapa orang mungkin melihat itu dan mengangkat telepon untuk menempatkan urutan yang sama. Jadi, Customer Service harus menyadari bagaimana untuk mengarahkan pelanggan baik kembali online atau mereka akan berjalan mereka melalui proses, “kata Olea.

Hasil

Dari kampanye tersebut, Gravity Defyer telah menaikkan dua kali lipat pendapatan dari Facebook selama 10 bulan terakhir. Mereka juga melihat, seperempat dari kunjungan ke website berasal dari Facebook. ROI yang didapat rata-rata 450%, dengan ROI yang naik turun berkisar antara 300% hingga 600%. Mereka juga telah dihubungi oleh Facebook untuk film video studi kasus di halaman testimonial di Facebook. Saran dari Olea, bahwa jawaban langsung dan komunikasi di Facebook telah membangun kesetiaan pelanggan, yang pada akhirnya berujung pada pendapatan yang konsisten.

Sampel Materi Kreatif

  1. Produk tinjauan posting blog
  2. Iklan Facebook

Sumber
Gravity Defyer

sumber artikel: Marketing Sherpa.
You may also like
tips email marketing
10 Tips Email Marketing yang Berhasil

1 Response

Leave a Reply