Home > Case Studies > Video Viral Air New Zealand

Salah satu agenda rutin sebelum terbang adalah pertunjukan video tentang keamanan penerbangan. Ini adalah bagian dari peraturan. Namun Air New Zealand mengemasnya dalam bentuk lain, dan dipublikasikan via Youtube. Dalam sekejap, video ini menjadi viral dan memperoleh view 16 juta  dalam seminggu. Video viral ini berjudul The Most Epic Safety Video Ever Made. Air New Zealand memang sudah sejak lama menggunakan tema fiksi jaman pertengahan Lord of The Ring. Dalam beberapa tahun terakhir, Sir Peter Jackson merilis seri-seri awal petualangan Hobbit, dan itu dimanfaatkan betul oleh Air New Zealand. Sebagaimana kita tahu, perkampungan Hobbit yang ada di film tersebut mengambil tempat di New Zealand.

An Air New Zealand's Boeing 777-300ER featuring livery advertising the film The Hobbit: An Unexpected Journey lands at Heathrow Airport in London

Hingga tulisan ini dibuat, video viral keamanan penerbangan Air New Zealand ini telah memperoleh view 14,199,513. Mereka juga menggunakan hashtag #airnzhobbit. Selain merupakan iklan yang paling banyak ditonton dari Air New Zealand, video ini juga diulas di media internasional seperti CNN, NBC News, the Daily Mail dan The Telegraph.

Video berdurasi empat setengah menit ini, selain mempromosikan keamanan penerbangan, Air New Zealand, juga pariwisata di New Zealand. Apa hasilnya? Airline tersebut mencatat peningkatan 29% keuntungan interim sebesar NZ$ 180 juta dan diperkirakan akan naik hingga NZ$ 300 juta hingga akhir tahun.

Kedatangan turis ke New Zealand juga meningkat 7.3 persen, menjadi 2.77 juta di dua belas terakhir hingga Februari 2014. Dan ini merupakan rekor bagi negara dengan penduduk 4 juta orang ini. 14% turis mengatakan bahwa film The Hobbit merupakan faktor utama mengapa mereka mendatangi negara ini.

1 Response

Leave a Reply